Site news

Jejak Pendapat

Jejak Pendapat

by Admin User -
Number of replies: 0

Dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) mengimbau penyelenggaran kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara daring. Pegawai, guru, dan dosen juga diimbau untuk melakukan aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah dari rumah.  

Dalam sistem pembelajaran daring ini tidak cukup dengan hanya menyiapkan infrastruktur berupa jaringan dan platform aplikasi. Ada tuntutan yang justru lebih sulit dari itu, yaitu kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan para pelajar. Kesiapan SDM dan pelajar ini mutlak diperlukan. Sebab tidak ada gunanya infrastruktur dan fasilitas baik jika para pengguna seperti SDM seperti guru dan pelajar tidak siap menjalankannya.

Optimalisasi proses pembelajaran daring bisa berjalan dengan baik, maka kedisiplinan tingkat tinggi mutlak dibutuhkan. Baik dari sisi SDM atau guru maupun para pelajarnya. Menurut Leidner (1993), siswa yang tidak memiliki keterampilan dasar dan disiplin diri yang tinggi dapat melakukan pembelajaran yang lebih baik dengan metode konvensional.

Sedangkan siswa yang cerdas dan memiliki disiplin serta kepercayaan diri yang tinggi akan mampu secara efektif melakukan pembelajaran secara daring. Hal ini dikarenakan esensi pembelajaran jarak jauh adalah independensi (Wedemeyer, 1981).

Semoga kita semua dapat memetik pelajaran, keluar dari frame ‘yo wes ngono ae’ menuju new normal, perubahan pola pikir, budaya bahkan peradaban di tengah kondisi emergency seperti saat ini. 

 ‘Allah lah yang lebih tau’

Rencana Pemerintah akan memberlakukan  “new normal” sebagai babak baru dalam menyikapi wabah COVID-19, tidak terkecuali Pendidikan SMK. menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Direktorat SMK berinisiatif mengadakan survei untuk mengetahui pandangan orang tua, guru, dan siswa SMK terhadap rencana pembukaan sekolah tersebut.

Demikian di SMK Negeri 1 Jenangan di mohon bapak ibu guru, orang tua/wali siswa dan siswa untuk mengisi jejak pendapat dengan melalui tautan berikut : jejak pendapat mengahadapi 'new normal' (click disini)